Pelawat.

web site hit counter

SEJARAH HYPNOSIS

SEJARAH HYPNOSIS

Magnetism

Berdasarkan Piktograf yang ada, penggunaan hypnosis sudah ada sejak lama sebelum sejarah itu sendiri dicatat. Di Eber Papyrus yang telah berusia kurang lebih 3000 tahun mengkisahkan seorang peramal Yunani yang menggunakan teknik hypnosis dalam pekerjaannya. Dalam menu skrip papyrus Yunani diceritakan adanya suatu tempat pengobatan dimana seorang perawat melakukan pengobatan dengan mengucapkan suatu kata-kata kepada pesakit yang telah dibuat tidur dengan induksi.

Di suatu tempat di India digambarkan suatu proses pengobatan pada saat pesakit dalam keadaan trans dengan melalui suatu tarian atau gerakan-gerakan ritmis dalam acara ritual penyembuhan. Pada sekitar tahun 1500an Paracelcus memperkenalkan suatu istilah Magnetisme, yaitu dengan magnet seseorang dapat disembuhkan penyakitnya, seperti halnya yang dia lakukan kepada pesakitnya.

Pada tahun 1772, seorang dokter bernama Franz Anton Mesmer (1734-1815) yang juga murid Maxmillian Hell, melihat gurunya memberikan pengobatan dengan magnet. Mesmer menyatakan bahwa dalam tubuh manusia terdapat cairan universal yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh

Cairan yang tidak mengalir dengan lancar, mungkin karena tersumbat, menyebabkan manusia menjadi tidak sehat baik mental maupun fisik. Untuk itu Mesmer menggunakan magnet untuk melepaskan sumbatan aliran cairan tadi. Istilah ini dinamakan Animal Magnetism.